Friday 1 May 2015

Tulisan ini hanya untukmu yang ingin mengerti.

CIN...TA
oleh Cipta Suhada
https://hada28.wordpress.com/

Ah! Mungkin banyak yang bosan mendengar kisah cinta. Tapi, tidak pernah bosan bahwa tanpa cinta, yang ada hanyalah perang di muka bumi ini. Cinta tidak pernah terdefinisi dengan mutlak, mungkin Kamus Besar Bahasa Indonesia atau Oxford Dictionaries tidak sepenuhnya mendefiniskan kata sakral itu dengan baik. 

Aku kembalikan padamu. Yang mengerti betul definisi itu.

Naik turunnya perbuatan dan kejadian cinta yang dialami oleh segelintir perasaan, membuat pikiran ini ingin sekali menuliskan beberapa poin sederhana yang mungkin mampu menyelamatkan hari-hari dalam bercinta.

Pertama, 
Bahwa cinta itu saling mengisi. Mengisi kekurangan, mengisi kelebihan. Kesepahaman, bahwa satu tujuan yang ingin dicapai dengan rasa yang sama.

Kedua, 
Bahwa cinta itu tidak mengikat. Pernikahan adalah salah satu bentuk ikatan atas dasar perasaan cinta. Dalam hukum negara dan agama, dua insan yang saling mengikat cinta mereka tak ayal akan saling terikat. Namun, perasaan yang ada dalam hati masing-masing pecinta? Biarkanlah bebas. Komitmen adalah apa yang membuat kita bertahan, yang menjadi alasan kita untuk kembali memperjuangkan perasaan yang mulai luntur, nilai-nilai kenangan yang mungkin belum ingin dilepas. 

Ketiga,
Bahwa cinta itu saling percaya. Kamu percaya aku, aku percaya kamu.

Keempat, 
Bahwa cinta itu tidak harus memiliki. Banyak yang mengatakan bullsh*t dengan cinta tak harus memiliki. Saya juga pernah berkata demikian. Apakah kalian memiliki Tuhan? Tidak secara nyata. Hanya nafsu yang membuat kita memaksa untuk saling memiliki. Keadaan yang tidak memungkinkan untuk saling memiliki, terimalah. Bahwa, mungkin takdir cinta berkata lain, bahwa ikhlas, untuk mencinta dalam bentuk lainnya. Ikhlas. Pahami, dan biarkan cinta itu bebas.

Kelima, 
Bahwa cinta itu tidak berharap. Ketika kita biarkan cinta itu ikhlas, menguasai pikiran nafsu, cinta itu tidak berharap. Tidak memaksa, tidak mengecewakan, tidak menyedihkan, tidak bergantung. Menjadi dewasa untuk cinta, dan biarkan hati ini bercinta.

Tulisan ini hanya untukmu yang ingin mengerti.

No comments:

Post a Comment

Hasil yang Merelakan Usaha.

Jadi dokter itu berusaha. Berusaha berpikir harus melakukan apa biar pasien sembuh, harus belajar agar tidak ada hal penting yang terlupakan...