Wednesday 10 December 2014

Cerita Topi

"Be kind, for everyone you meet is fighting a hard battle"
Plato
 
Beberapa minggu lalu, saya dan Fiona pergi ke Planetarium. Yang ingin saya ceritakan adalah pada saat pertunjukkannya selesai, ada seorang bapak-bapak sedang berteriak-teriak sambil menggoyang-goyangkan sebuah topi di tangannya. Kami kira beliau sedang mencari seseorang yang bersamanya, namun setelah kami melewatinya, ternyata yang ia teriakkan adalah topi tersebut milik siapa. 

Saya dan Fiona seketika langsung heran melihat di masa sekarang ini masih ada seseorang yang begitu baik dan pedulinya pada orang lain. Jika yang tertinggal sebuah dompet atau telepon genggam, mungkin kami berdua akan mencari siapa pemiliknya. Namun, jika hanya sebuah topi, pasti lah akan kami biarkan saja tak perduli. 

Cukup lama bapak itu masih mengumumkan topi yang hilang itu, sampai kami berdua turun lebih dulu keluar dari gedung. Saya tidak tahu apakah topi tersebut akhirnya kembali pada yang memiliki atau bahkan yang memiliki sudah tak peduli lagi. Yang penting, sungguh niat bapak tersebut adalah tindakan kecil yang manis yang sudah jarang dilihat di kota seperti ini. 

Sore hari itu, saya belajar bahwa saya harus lebih baik lagi menjadi seorang manusia.

No comments:

Post a Comment

Hasil yang Merelakan Usaha.

Jadi dokter itu berusaha. Berusaha berpikir harus melakukan apa biar pasien sembuh, harus belajar agar tidak ada hal penting yang terlupakan...