Friday 23 May 2014

Jurnal


Manusia pasti berubah. 
Bukan, ini bukan mengenai perubahan-perubahan fisik yang kita alami, tapi mengenai kepribadian kita yang entah lambat laun dan sedikit banyak mungkin berubah. Namun tampaknya, kebanyakan dari kita lebih menyadari perubahan yang terjadi pada orang lain dan dunia sekitar kita dan mengalpakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri kita sendiri.

Bukan karena kita yang tak peduli, tapi karena perubahan yang kita alami sendiri biasanya berjalan sangat perlahan seiring waktu. Sedikit demi sedikit hingga setelah jauh berjalan baru kita tersadar bahwa kita telah berubah, atau bisa juga baru tersadar setelah ada orang yang berkata “Lo beda banget!” atau “beda banget sama yang dulu”.
Iya, bukan? Biasanya orang lain yang pertama kali merasakan perubahan-perubahan dari diri kita.

Nah, inilah guna catatan pribadi. Boleh kau sebut itu diary, jurnal, atau apalah itu intinya. Kita (atau setidaknya saya) akan terkesan mengenai perubahan-perubahan yang kita sendiri alami. Membaca tulisan yang kau tulis dengan tanganmu sendiri sekitar bertahun-tahun lalu menyadarkan saya bahwa betul adanya manusia itu berubah.

Membaca tulisan-tulisan yang saya tulis beberapa tahun lalu menyadarkan betapa pola pikir saya dalam melihat suatu keadaan telah berubah. Rasanya seperti membaca kisah hidup orang lain. Seperti tulisan yang ditulis itu bukan tulisan saya. Asing. Betapa kita telah berubah dan lambat laun tak mengenal lagi diri kita yang dulu.

Membaca jurnal masa lalu pribadi kita itu rasanya…ajaib. Bukan soal kekanakan atau seperti perempuan bila kita menulis jurnal, tapi soal catatan hidup tempat kita melihat sejenak ke belakang untuk memutar memori-meori hidup yang telah lalu.

Oleh karena setumpul-tumpulnya pensil, sepudar-pudarnya tinta, dan seusang-usangnya kertas, lebih baik daripada setajam-tajamnya ingatan.

No comments:

Post a Comment

Hasil yang Merelakan Usaha.

Jadi dokter itu berusaha. Berusaha berpikir harus melakukan apa biar pasien sembuh, harus belajar agar tidak ada hal penting yang terlupakan...