Thursday 7 May 2009

Yamko Rambe Yamko.

SIAPA ga tau lagu ini?

Yamko Rambe Yamko dari daerah Papua. I'm pretty sure since elementary we are all know and can sing this kinda upbeat folk song. Dari dulu gw juga hafal baik nadanya maupun liriknya, tapi dari kecil gw nanya sama bokap, nyokap, dan guru ga ada satupun yang tau arti lagu ini, sama nasibnya seperti lagu-lagu daerah lainnya contohnya gw hafal lagu apuse, cublak-cublak suweng, si patokaan, tapi ga tau apa artinya.

I'm over and over searching on the google to find the meaning behind the folksongs, but it was quite hard, terutama lagu yamko rambe yamko ini. Akhirnya kemaren gw minjem buku lagu wajib dari claudia dan ternyata isinya ada lagu daerahnya juga. And guess whaat? It has the meaning of the song!!! and i said: w o w, haha.

To remind you first, this is the lyric.

YAMKO RAMBE YAMKO

He yamko rambe yamko aronawa kombe
Te mino kibi kubano ko bombeko
Yumano bungo awe ade.

Hongke, hongke, hongke riro
Hongke jombe, jombe riro


and this is the MEANING of the song!

Hai jalan yang dicari, sayang perjanjian
Sungguh pembunuhan di dalam negeri

Bunga bangsa, bunga bangsa
Bunga bertaburan
Bunga tumbuh di taman pahlawan.


hmmm, tapi sebenernya gw ga begitu ngerti "Apaa yaah kira-kira berarti maksud lagu ini?". Pembunuhan dalam negeri? Bunga bertaburan? Apakah ini tentang suatu perang? kalo iyaa perang apaa yaah?
hehe...after knowing the meaning of the song, suddenly it comes again with a lot of more guestion.

fyuh..jadi inget dosen gw bilang pas kuliah tentang filsafat dan filosopi. Katanya... kalau semakin kita belajar sesuatu, kita bukan semakin banyak tahu tapi justru semakin banyak ga tahu karena kita akan semakin bertanya-tanya tentang hal tersebut.

ohya.
Happy Birthday to Lukman, a nice classmate originally from Malaysia.
Have a nice life!!!

No comments:

Post a Comment

Hasil yang Merelakan Usaha.

Jadi dokter itu berusaha. Berusaha berpikir harus melakukan apa biar pasien sembuh, harus belajar agar tidak ada hal penting yang terlupakan...